Local Guide Sini!, Sebuah Review untuk Travelblog.id

Travelling.id, tempat berbagi cerita Traveller dan Turis

Saya adalah salah satu Local Guide (LG) di google maps. LG adalah salah satu kontributor yang membantu pihak google untuk sekedar menambahkan tempat baru, mengedit lokasi, mengomentari suatu tempat hingga menambahkan foto dan video di tempat yang telah dikunjungi pada google maps. Para LG yang ada di seluruh dunia bisa berinteraksi di sebuah website Local Guide Connect (LGC).

Saat ini Indonesia telah memiliki Local Guide Connect rasa lokal. Website bernama Travelblog.id telah diluncurkan 2018 kemarin. Travelblog.id adalah website yang memberi ruang bagi 2 kontributornya, yaitu Traveler dan Turis untuk saling terhubung melalui pengalaman-pengalaman menjelajahi suatu tempat yang dibagikan melalui sebuah postingan. Bentuk postinganya bisa berupa artikel dan video.
Perbandingan postingan di LGC dengan Travelblog.id

Kenapa ada kontributor Traveler dan Turis? Apa bedanya Traveller dan Turis?. Bedanya adalah jika Turis (Wisatawan) biasanya mencari tempat untuk difoto dan dipamerkan ke sosmed. Namun Traveler cenderung menerima dan menikmati suasana asli yang ada dan mempelajari budaya setempat dengan menganggap sebagai pengalaman baru.

Saya sendiri bisa dikatakan Turis semi Traveler. Sikap Turisnya masih dominan, dimana kalau saya jalan-jalan sukanya ambil foto saja, lupa menikmati suasana yang ada. Ibarat raga nya saja yang hadir, jiwa nya kelayapan entah kemana. Namun tak jarang Saya bisa menikmati tempat wisata layaknya Traveler, yaitu ketika tempat itu suasananya lagi klop sama hati.  Hadirnya Travelblog.id menyajikan review lokasi Pariwisata yang telah dikunjungi kontributor sehingga dapat menemukan valuable experience yang dirasakan langsung oleh kontributor.
Beranda website Travelblog.id


Lalu kalau ingin jadi kontributor bagaimana caranya?. Mudah kok, Cukup daftar dengan akun facebook atau google plus saja maka Anda sudah remsi menjadi kontributor Travelblog.id . Apa benefit yang akan diperoleh setelah daftar? Kita bisa memposting artikel maupun video. Dimana setiap artikel akan mendapatkan 50 poin, dan video mendapatkan 40 poin. Setiap poin yang terkumpul dapat ditukar menjadi barang, seperti botol minum consina a 600 ml, bag of tools consina, hammock consina, dry bag 15l consina, sleeping bag consina, dan eiger lcd watch yp11538.

List barang yang dijadikan hadiah bisa berganti sewaktu-waktu, serta warnanya juga tergantung persediaan. Namun perlu diwaspadai jika melakukan pelanggaran artikel akan mendapat pengurangan 50 poin dan mendapat pengurangan 20 poin untuk video. Selain itu poin dapat kadaluwarsa jika telah berganti tahun, karena hanya berlaku pada bulan januari hingga desember pada saat postingan anda terbit. Serta poin akan hangus jika akun anda di suspend karena suatu pelanggaran.

Salah satu hadiah yang bisa dimiliki hanya dengan menukar poin (reedem poin)

Apa saja postingan yang tersedia di Travelblog.id?. Ada 4 kategori, yaitu jalan-jalan, kuliner, tips dan info serta seni dan budaya. Kategori jalan-jalan memiliki postingan paling banyak saat ini, disusul kategori kuliner, tips dan info serta budaya sebagai kategori paling sedikit peminatnya.

Kenapa kategori budaya paling sedikit? Mungkin karena kontributor tidak diarahkan oleh moderator atau editor yang secara tegas mengarahkannya ke kategori yang sesuai. Mungkin juga karena kurangnya pemahaman kontributor pada kategori lainnya, sehingga asal-asalan memasukan kategori. Misalnya artikel berjudul “Candi Cangkuang: Sisa Candi Hindu di Jawa Barat” dan artikel berjudul “Sepi Raga Gua Sunyaragi Cirebon” yang seharusnya kateogri seni dan budaya, malah dikategorikan sebagai jalan-jalan. Lalu ada juga artikel berjudul “Makan Nasi Samcan di Pigbull Sudirman Street Bandung” dan video berjudul “Ada King Mango Thai di Bandung” yang seharusnya kategori kuliner, malah dikategorikan sebagai jalan-jalan.

Mengapa Travelblog.id Saya rekomendasikan sebagai referensi travelling anda?. Karena setiap postingan Travelblog.id ditulis oleh Traveler maupun Turis yang telah berkunjung dan merasakan sendiri seperti apa lokasi wisata yang telah mereka datangi. Maps/satelite terpampang di akhir postingan sebagai petunjuk navigasi menuju tempat wisata juga ada. Disediakan juga jam buka tutup wisata untuk memudahkan pembaca mengatur jadwal perjalanannya.

Jika ingin merekomendasikan cerita kepada teman dekat bisa menggunakan fitur share yang men-support facebook, google plus, twitter, pinterest dan hingga whatsapp. Selain itu, website dengan logo burung yang sedang mengudara ini memiliki kecepatan loading yang sangat baik. website Travelblog.id sangat cepat, serta dapat diakses melalui PC maupun handphone.


Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Wassalamualaikum

0 Komentar